Langsung ke konten utama

"SEJARAH DIWAJIBKANNYA PUASA RAMADHAN”


 "SEJARAH DIWAJIBKANNYA PUASA RAMADHAN”


 حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمَا قَالَ، صَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانُ تُرِكَ وَكَانَ عَبْدُ اللّٰهِ لَا يَصُومُهُ إِلَّا أَنْ يُوَافِقَ صَوْمَهُ. (رواه البخاري)

Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, ia berkata: "Nabi melaksanakan puasa hari 'Asyura' (10 Muharam) lalu memerintahkan (para sahabat) untuk melaksanakannya pula. Setelah Allah mewajibkan puasa Ramadhan, maka puasa hari 'Asyura ditinggalkan. Dan 'Abdullah bin 'Umar radhiyallahu 'anhu tidaklah melaksanakan puasa hari 'Asyura kecuali bila bertepatan dengan hari-hari puasa yang biasa dikerjakannya." (HR. Imam Bukhari)

Pelajaran yang terdapat pada hadits di atas :

1. Puasa Ramadhan mempunyai proses dan sejarah hingga akhirnya puasa tersebut diwajibkan atas umat Muslim.

2. Sebelum puasa Ramadhan disyari'atkan, Nabi dan para sahabat telah melaksanakan puasa 'Asyura, yaitu puasa pada tanggal 10 Muharram.

3. Menurut Jumhur ulama' termasuk ulama' mazhab Syafi'i, tidak ada puasa wajib bagi umat Muslim sebelum disyari'atkannya puasa Ramadhan. Sedangkan menurut ulama mazhab Hanafi, sebelum disyari'atkannya puasa Ramadhan, puasa 'Asyura wajib dilakukan umat Muslim. Sementara menurut Atha' bin Abi Rabi'ah, puasa yang diwajibkan sebelum ada pensyari'atan puasa Ramadhan adalah puasa ayyamul bidh (pertengahan bulan-bulan Hijriyah, tanggal 13, 14, dan 15).

4. Setelah ada syari'at yang mewajibkan puasa Ramadhan, yaitu pada tahun kedua Hijriyah, maka hanya puasa Ramadhan-lah yang wajib dilakukan.

5. Pensyari'atan puasa Ramadhan ini juga melalui beberapa tahapan. Pada mulanya, puasa Ramadhan meskipun wajib, namun umat Muslim boleh memilih, antara melakukam puasa atau membayar fidyah, seperti yang terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 184, meskipun tetap diingatkan bahwa memilih untuk berpuasa adalah lebih baik.

6. Setelah periode pertama, maka kemudian puasa Ramadhan wajib dilakukan oleh semua Muslim yang mampu dan tak ada udzur. Akan tetapi kewajiban ini terbilang cukup berat, karena puasa dilakukan semenjak seseorang tidur malam hingga waktu Maghrib keesokan harinya. Artinya, seseorang yang sudah tidur pada malam hari, tidak boleh lagi makan, minum, dan berhubungan suami istri sampai waktu Maghrib keesokannya. Hal ini membuat beberapa sahabat merasa berat melakukannya. Bahkan sampai ada sahabat yang pingsan karena belum makan (berbuka), namun ia sudah tertidur karena kelelahan bekerja. Ia harus menahan makan dan minum lagi sampai malam berikutnya.

7. Akhirnya, turunlah pensyari'atan puasa Ramadhan yang lebih ringan, yaitu melakukan puasa semenjak terbit fajar hingga masuk waktu Maghrib. Artinya, pada malam hari, umat Muslim dibolehkan makan, minum dan berhubungan suami istri. Hal ini disebutkan dalam surah Al-Baqarah ayat 187. Begitulah fase-fase pensyari'atan puasa Ramadhan. Semoga kita umat Muslim dapat melaksanakan puasa Ramadhan tahun ini dengan baik, bahkan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Aaamiin...

 

Tema hadits yang berkaitan dengan ayat Al-Qur'an :

1. Syari'at puasa telah diwajibkan atas umat nabi-nabi terdahulu sebelum Nabi Muhammad . Menurut riwayat umat Nabi Nuh as. berpuasa selama 1 tahun dan 1 tahun tidak puasa, dan berbeda lagi syari'at puasa umat Nabi Ibrahim as. berpuasa selama 6 bulan dan 6 bulan tidak puasa, sedangkan syari'at puasa umat Nabi Daud as. juga berbeda lagi, sehari berpuasa dan sehari lagi tidak berpuasa;

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِکُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ ۙ ۞

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah/2: 183)

2. Pensyari'atan puasa Ramadhan umat Nabi Muhammad yang lebih ringan, yaitu melakukan puasa semenjak terbit fajar hingga masuk waktu Maghrib. Artinya, pada malam hari, umat Muslim dibolehkan makan, minum dan berhubungan suami istri;

اُحِلَّ لَـکُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَآئِكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّـكُمْ وَاَنْـتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّکُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَکُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْــئٰنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا کَتَبَ اللّٰهُ لَـكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَـكُمُ الْخَـيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَـيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِ ۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْـتُمْ عٰكِفُوْنَ ۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ ۞

"Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka ketika kamu beritikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka bertakwa." (QS. Al-Baqarah/2: 187)

وَاللّٰهُ أَعلَمُ بِالصَّوَابِ...

Semoga kita senantiasa dikaruniai ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholih, karena hanya Allah-lah yang memberi taufiq dan hidayah. Aamiin...

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1443 H.

Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan lahir-batin, kesehatan, kemampuan, kesabaran dan keikhlasan dalam menjalani seluruh rangkaian ibadah di Bulan Suci Ramadhan ini. Mudah-mudahan shaum/puasa kita dan semua amal ibadah kita diterima dan diridhoi oleh Allah SWT. Aaamiin Ya Mujiibas Saa-iliin...

"SEJARAH DIWAJIBKANNYA PUASA RAMADHAN”

 

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمَا قَالَ، صَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانُ تُرِكَ وَكَانَ عَبْدُ اللّٰهِ لَا يَصُومُهُ إِلَّا أَنْ يُوَافِقَ صَوْمَهُ. (رواه البخاري)

Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, ia berkata: "Nabi melaksanakan puasa hari 'Asyura' (10 Muharam) lalu memerintahkan (para sahabat) untuk melaksanakannya pula. Setelah Allah mewajibkan puasa Ramadhan, maka puasa hari 'Asyura ditinggalkan. Dan 'Abdullah bin 'Umar radhiyallahu 'anhu tidaklah melaksanakan puasa hari 'Asyura kecuali bila bertepatan dengan hari-hari puasa yang biasa dikerjakannya." (HR. Imam Bukhari)

Pelajaran yang terdapat pada hadits di atas :

1. Puasa Ramadhan mempunyai proses dan sejarah hingga akhirnya puasa tersebut diwajibkan atas umat Muslim.

2. Sebelum puasa Ramadhan disyari'atkan, Nabi dan para sahabat telah melaksanakan puasa 'Asyura, yaitu puasa pada tanggal 10 Muharram.

3. Menurut Jumhur ulama' termasuk ulama' mazhab Syafi'i, tidak ada puasa wajib bagi umat Muslim sebelum disyari'atkannya puasa Ramadhan. Sedangkan menurut ulama mazhab Hanafi, sebelum disyari'atkannya puasa Ramadhan, puasa 'Asyura wajib dilakukan umat Muslim. Sementara menurut Atha' bin Abi Rabi'ah, puasa yang diwajibkan sebelum ada pensyari'atan puasa Ramadhan adalah puasa ayyamul bidh (pertengahan bulan-bulan Hijriyah, tanggal 13, 14, dan 15).

4. Setelah ada syari'at yang mewajibkan puasa Ramadhan, yaitu pada tahun kedua Hijriyah, maka hanya puasa Ramadhan-lah yang wajib dilakukan.

5. Pensyari'atan puasa Ramadhan ini juga melalui beberapa tahapan. Pada mulanya, puasa Ramadhan meskipun wajib, namun umat Muslim boleh memilih, antara melakukam puasa atau membayar fidyah, seperti yang terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 184, meskipun tetap diingatkan bahwa memilih untuk berpuasa adalah lebih baik.

6. Setelah periode pertama, maka kemudian puasa Ramadhan wajib dilakukan oleh semua Muslim yang mampu dan tak ada udzur. Akan tetapi kewajiban ini terbilang cukup berat, karena puasa dilakukan semenjak seseorang tidur malam hingga waktu Maghrib keesokan harinya. Artinya, seseorang yang sudah tidur pada malam hari, tidak boleh lagi makan, minum, dan berhubungan suami istri sampai waktu Maghrib keesokannya. Hal ini membuat beberapa sahabat merasa berat melakukannya. Bahkan sampai ada sahabat yang pingsan karena belum makan (berbuka), namun ia sudah tertidur karena kelelahan bekerja. Ia harus menahan makan dan minum lagi sampai malam berikutnya.

7. Akhirnya, turunlah pensyari'atan puasa Ramadhan yang lebih ringan, yaitu melakukan puasa semenjak terbit fajar hingga masuk waktu Maghrib. Artinya, pada malam hari, umat Muslim dibolehkan makan, minum dan berhubungan suami istri. Hal ini disebutkan dalam surah Al-Baqarah ayat 187. Begitulah fase-fase pensyari'atan puasa Ramadhan. Semoga kita umat Muslim dapat melaksanakan puasa Ramadhan tahun ini dengan baik, bahkan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Aaamiin...

 

Tema hadits yang berkaitan dengan ayat Al-Qur'an :

1. Syari'at puasa telah diwajibkan atas umat nabi-nabi terdahulu sebelum Nabi Muhammad . Menurut riwayat umat Nabi Nuh as. berpuasa selama 1 tahun dan 1 tahun tidak puasa, dan berbeda lagi syari'at puasa umat Nabi Ibrahim as. berpuasa selama 6 bulan dan 6 bulan tidak puasa, sedangkan syari'at puasa umat Nabi Daud as. juga berbeda lagi, sehari berpuasa dan sehari lagi tidak berpuasa;

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِکُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ ۙ ۞

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah/2: 183)

2. Pensyari'atan puasa Ramadhan umat Nabi Muhammad yang lebih ringan, yaitu melakukan puasa semenjak terbit fajar hingga masuk waktu Maghrib. Artinya, pada malam hari, umat Muslim dibolehkan makan, minum dan berhubungan suami istri;

اُحِلَّ لَـکُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَآئِكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّـكُمْ وَاَنْـتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّکُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَکُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْــئٰنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا کَتَبَ اللّٰهُ لَـكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَـكُمُ الْخَـيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَـيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِ ۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْـتُمْ عٰكِفُوْنَ ۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ ۞

"Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka ketika kamu beritikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka bertakwa." (QS. Al-Baqarah/2: 187)

وَاللّٰهُ أَعلَمُ بِالصَّوَابِ...

Semoga kita senantiasa dikaruniai ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholih, karena hanya Allah-lah yang memberi taufiq dan hidayah. Aamiin...

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1443 H.

Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan lahir-batin, kesehatan, kemampuan, kesabaran dan keikhlasan dalam menjalani seluruh rangkaian ibadah di Bulan Suci Ramadhan ini. Mudah-mudahan shaum/puasa kita dan semua amal ibadah kita diterima dan diridhoi oleh Allah SWT. Aaamiin Ya Mujiibas Saa-iliin...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 cara agar anak senang belajar membaca Alquran

  7 cara agar anak senang belajar membaca Alquran  1. Jangan memaksa  Memaksa anak justru akan membuat mereka tidak nyaman. Biarkan minat untuk belajar membaca Alquran muncul dari dalam diri mereka sendiri. Kita cukup memberikan stimulasi agar mereka tertarik, karena anak adalah pembelajar yang hebat. 2. Berikan contoh.  Memberi contoh adalah cara paling jitu, karena anak adalah peniru yang ulung. Tunjukkan kebiasaan dan kebutuhan anda membaca Alquran. Dijamin anak akan meniru kebiasaan itu.  3. Penjelasan kenapa harus membaca Alquran  Pada anak usia sekolah perlu mulai diberikan penjelasan kenapa kita butuh membaca Alquran serta melakukan ibadah-ibadah lain. Lakukan komunikasi dua arah dengan anak-anak, hargai setiap pendapat mereka tentang penjelasan Anda.  Pengertian mereka tentang kebutuhan beribadah akan menjadi dasar kecintaan mereka pada Alquran. 4. Lakukan dengan cara menyenangkan.  Sekarang banyak sekali metode belajar membaca Alquran unt...

MENGAGUNGKAN ILMU DAN PEMILIKNYA

  MENGAGUNGKAN ILMU DAN PEMILIKNYA ketahuilah, bahwasannya penuntut ilmu itu tidak akan mendapatkan ilmu dan tidak bisa memanfaatkannya kecuali dengan mengagungkan ilmu dan memuliakan guru dan menghormatinya Dikatakan. Tidaklah sampai orang yang telah sampai(pada kesuksesan) melainkan sebab rasa hormat dan tidak lah jatuh berguguran orang telah yg jatuh atau dalam kegagalan melainkan sebab tinggal hormat dan mengagungkan Dikatakan : penghormatan itu lebih baik dari pada taat. Tidak kah kamu perhatikan bahwasanya manusia tidak jatuh kafir karena berbuat maksiat tetapi sesungguhnya mereka bisa fakir karena tidak menghormati Dan diantara cara mengagungkan ilmu adalah   1. mengagungkan guru 2. Memuliakan kitab 3. Menghormati teman 4. Sikap selalu hormat dan khidmat 5. Jangan memilih ilmu sendiri 6. Jangan terlalu dekat dengan guru 7. Menyingkiri akhlak tercela

Kenapa aku?

  Kenapa aku?  Kamu! karena Allah SWT ingin menghapus dosa-dosamu dengan setiap air mata yang jatuh dari matamu. Dia ingin meningkatkan pangkatmu di Jannah. Dia ingin mengujimu dengan kesedihan sementara untuk memberimu kebahagiaan abadi. 🤍 🤍